Search
  • Lin Phing An

Lamaran, Ting Jing, dan Sangjit

Selama sekitar 12 Tahunan melayani berbagai macam Client, ternyata masih banyak yang bingung dengan istilah Lamaran, Ting Jing, dan Sangjit. Sering kali malah ketiga nya dianggap sebagai acara yang sama. Padahal sebenarnya berbeda. Mau tahu perbedaanya?


Lamaran atau Ting Jing

Ya Benar! Lamaran dan Ting Jing ini memang sama! Lamaran ini merupakan sebuah proses dimana keluarga Calon Mempelai Pria datang berkunjung ke rumah keluarga Calon Mempelai Wanita dengan maksud untuk meminta persetujuan dari Orang Tua Calon Mempelai Wanita. Biasanya lamaran sering kali diadakan jauh sebelum pernikahan, bisa 1-3 lho jarak waktunya. Namun disarankan dibatasi saja kurang dari 1 tahun. Kecuali memang ada keadaan khusus yang mengharuskan memakan waktu lebih dari 1 tahun. Prosesi utama dalam Lamaran atau Ting Jing adalah Persetujuan dari Keluarga Calon Mempelai Wanita serta Pengalungan Calon Mempelai Wanita.

Hantaran yang biasa dibawa pada saat Lamaran atau Ting Jing ini adalah Kue-Kue Kuno seperti Muaco, Lauwa, Ting Ting Kacang, Permen, Satru, Pia, serta dilengkapi dengan Jeruk dan Apel.

Lamaran atau Ting Jing ini merupakan saat dimana kedua keluarga mulai memiliki ikatan kekeluargaan walau belum secara resmi melalui Pemberkatan Pernikahan dan Catatan Sipil. Maka dari itu, Lamaran atau Ting Jing ini bisa dibilang sudah berjalan 60% dari keseluruhan rangkaian acara pernikahan dan berkeluarga.




Sangjit

Nah ini nih yang berbeda. Koq bisa berbeda?

Dalam prosesi Sangjit ini, biasanya diadakan H-7 sebelum hari H Pernikahan. Prosesi utama dari Sangjit ini adalah menyerahkan Hantaran untuk keperluan pernikahan dari Keluarga Calon Mempelai Pria kepada Keluarga Calon Mempelai Wanita, begitu juga sebaliknya.

Baki-baki hantaran dalam Sangjit ini berisi Syrup, Wine, Makanan Kaleng, Kacang, dan berbagai macam keperluan dari Calon Mempelai Wanita dan Calon Mempelai Pria.

Nah Uang Susu dan Uang Pesta nya gimana? Pertanyaan Bagus!

Untuk Uang Susu dan Uang Pesta memang munculnya di prosesi Sangjit ini.

Uang Susu dan Uang Pesta biasanya digabungkan dengan baki Seperangkat Perhiasan yang dibawa oleh keluarga Calon Mempelai Pria.


Ting Jing + Sangjit = ?

Seiring perkembangan jaman yang semakin padat ini, sering kali kita jumpai adanya penggabungan prosesi Ting Jing dan Sangjit. Banyak alasan yang melatar belakangi penggabungan ini, antara lain sulitnya mengatur jadwal karena masing-masing keluarga memiliki kesibukan yang berbeda, bisa juga dengan alasan tidak mau repot, sehingga inginnya hanya sekali acara saja untuk sebelum Hari H Pernikahan, dan lain sebagainya. Namun sangat mengecewakan karena ada beberapa jasa Baki Hantaran menjadikan hal ini murni sebagai dagangan, sehingga mereka tidak mengerti Adatnya, namun malah menjadikan seperti parcel-parcel acara umum. Menjadi lebih parah ketika Client nya tidak tahu, malah semakin dibingungkan.

Sangjit dapat digabungkan dengan Ting Jing, namun prosesinya tetap akan bertumpuk, yang artinya prosesi Ting Jing tetap berbeda dengan Prosesi Sangjit walau diadakan bersamaan. Namun jangan khawatir, perbedaannya juga tidak terlalu merepotkan koq.

Idealnya apabila mau dijadikan satu seperti ini, alangkah baiknya jeda waktu hingga hari H, dibawah 12 bulan atau 1 Tahun.


Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Lamaran, Ting Jing, dan Sangjit dapat ditulis di kolom komentar ya....


Published by Lin Phing An - Mei Collections


1 view

© 2021 Mei Collections

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now